JTE - UNSYIAH

Elektro Unsyiah Society - Forum

Senin, November 03, 2008

Simulasi penyelamatan tsunami

Tsunami Drill

Tsunami drill ato lebih gampangnya simulasi kesiagaan menghadapi musibah tsunami.
Kegiatan ini dipusatkan di kecamatan meraxa. Partisipannya berasal dari kampung yang berdekatan dengan lokasi kegiatan. Disamping itu, terlihat juga disana anggota PMI, TNI dan POLRI, satkorlak, dll pokoke yang berkaitan dan berkepentingan dengan urusan kesiagaan tersebut

Pada simulasi tersebut dibunyikan sirene yang menandakan adanya bahaya, sehingga warga diharapkan segera menyelamatkan diri dengan cara menaiki gedung tsunami escape yang berada di kawasan tersebut.

Penyebaran informasi tentang kesiagaan menghadapi bencana harus dilakukan secara berkesinambungan, baik melalui media massa, maupun simulasi kegiatan. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tau apa yang harus dilakukan bila hal tersebut terjadi.
Informasi yang benar harus disampaikan mulai dari sekolahan hingga ke pelosok desa, baik melalui koran, televisi, buku pelajaran, ceramah di masjid hingga dongeng menjelang tidur.

Informasi tersebut berguna untuk meminalisir jatuhnya korban pada saat terjadinya bencana.

Mungkin sedikit catatan dari simulasi yang dilakukan tanggal 1 nov 2008 adalah ternyata masih terdapat sodara2 kita yang agak shock ketika hal tersebut dilakukan
mungkin mereka terbayang kejadian 26 des 2004 yang telah memisahkan mereka dengan orang yang dicintainya.
Mungkin ada baiknya sebelum melakukan simulasi pihak2 terkait dapat mengantisipasi kejadian2 seperti itu.

Tidak ada komentar:

IP pengunjung

IP